7 Jenis Udang Yang Biasa Dibudidayakan & Memiliki Potensi Besar

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki perairan yang luas dan berbagai macam jenis makanan laut. Salah satu makanan laut yang populer di kalangan masyarakat adalah udang.

Faktanya terdapat lebih dari 2.000 jenis udang yang sudah ditemukan hingga kini. Tapi tidak semua jenis udang yang bisa dimakan dan diolah menjadi makanan. 

Udang sudah menjadi salah satu bisnis budidaya yang cukup menguntungkan karena menjadi salah satu makanan laut yang banyak digemari oleh banyak orang di dunia.

Hewan laut ini biasanya diolah menjadi hidangan yang nikmat, karena memiliki daging yang sangat lembut dan basah.

Dengan teksturnya yang lembut, udang sangat diminati dan di jadikan hidangan utama di beberapa hidangan seafood. 

Namun, apakah kalian tahu jenis-jenis udang yang sering dijadikan sebagai hidangan yang lezat? Simaklah beberapa penjelasan berikut ini.

1. Udang Pancet

Udang yang pertama adalah Udang Pancet. Jenis udang ini dikenal dengan sebutan udang windu atau tiger shrimp. Udang ini memiliki kulit yang tebal dan keras. Udang pancet ini memiliki karakteristik warna yang hijau kebiru-biruan dan terdapat garis-garis yang agak gelap.

Udang pancet ini memiliki ukuran dari yang sedang hingga besar. Udang pancet yang berukuran besar umumnya diolah menjadi hidangan yang lezat seperti udang bakar madu, kari udang, atau sate udang. Udang pancet juga cocok digunakan sebagai hidangan udang asam manis.

2. Udang Jerbung

Jenis udang yang berikutnya adalah Udang jerbung. Udang ini dikenal dengan sebutan udang putih. Udang ini sangat mudah dijumpai di pasar-pasar.

Udang Jerbung memiliki kulit yang tipis dan licin. Udang ini memiliki karakteristik warna putih yang agak kekuningan. Udang jenis ini sangat banyak di Indonesia, hingga Indonesia menjadi penghasil udang Jerbung terbesar di dunia.

3. Udang Dogol

Jenis udang selanjutnya adalah Udang Dogol. Di Amerika, Udang dogol ini dikenal dengan sebutan "Pink Shrimp". Udang dogol mempunyai karakteristik warna merah muda atau pink. Namun, ada juga yang memiliki warna kuning kehijauan yang dikenal dengan sebutan "Yellow White Shrimp".

Jenis udang yang terkenal sebagai hidangan seafood ini mempunyai ukuran tubuh yang sedang dan tidak terlalu besar, sampai kerap kali disebut "udang salad". Cara yang sering digunakan untuk mengolah udang dogol adalah dimasak dengan cara dilumuri tepung, lalu digoreng hingga crunchy.

4. Udang peci

Jenis udang yang selanjutnya adalah udang peci. Sebenarnya udang ini merupakan varian lain dari udang jerbung. Udang peci ini memiliki warna yang putih, namun lebih gelap ditambah dengan bintik hitam.

Cara pengolahan udang peci mirip seperti udang Jerbung, seperti digoreng dan disajikan udang asam manis. Tetapi, udang peci ini tidak cocok dibakar, disebabkan karena kulitnya yang tipis membuat udang tersebut gampang hangus.

5. Udang Galah

Jenis udang selanjutnya adalah Udang Galah. Udang ini dikenal dengan sebutan "freshwater shrimp". Udang galah merupakan jenis udang yang dapat ditemukan di sungai atau danau air tawar. 

Udang galah terdapat beberapa varietasnya mulai dari warna hijau kecoklatan, hijau kebiruan, dan kuning kecoklatan. Udang jenis ini sering digunakan sebagai hidangan udang saus mentega, udang saus padang, atau udang bakar.

6. Udang Vaname

Jenis udang yang berikutnya adalah udang Vaname. Meski memiliki harga yang lebih mahal daripada udang lainnya, namun udang ini sangat laris di pasaran. Udang Vaname memiliki karakteristik warna yang putih dengan bercorak kebiru-biruan.

Udang ini sering digunakan sebagai hidangan macam-macam makanan, seperti udang goreng, balado, sup, atau bisa juga dibuat sebagai pelengkap masakan.

7. Udang Kipas

Jenis udang yang terakhir adalah Udang Kipas. Jika dilihat sekilas, udang ini mirip seperti lobster, tapi hewan laut ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan lobster. Udang ini memiliki kulit yang keras dan agak kasar.

Udang kipas atau udang sikat ini biasa diolah menjadi makanan lezat dengan cara dimasak dengan olahan bumbu pedas, contohnya saus padang atau balado. Udang ini juga dapat diolah menjadi udang asam manis.

Penulis Ardeva

Share