Benarkah Liburan Butuh Biaya Besar?

Salah satu kendala yang mungkin banyak dialami oleh banyak orang jika berlibur adalah dana. Yup, tidak dipungkiri memang agar bisa menikmati pemandangan atau sekedar membeli oleh oleh pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Itu sebabnya, jauh jauh hari banyak orang yang menyisakan sebagian gajian atau penghasilan untuk bisa bepergian ke berbagai tujuan wisata yang diinginkan. Lantas, apakah liburan berarti harus mahal? Jawabannya, tentu saja tidak tergantung dari Anda menyikapinya.

Cara agar dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar jika ingin berlibur adalah memilih lokasi. Bagi masyarakat Jakarta misalnya, kawasan yang bisa dituju dengan pemandangan indah, udara sejuk dan asri serta tidak membutuhkan dana besar adalah kawasan Puncak. Tujuan wisata ini menjadi idola karena jaraknya yang memang tidak jauh namun pemandangan yang disuguhkan sungguh indah dan tak terlupakan. 

Belum lagi biaya yang dikenakan tidak terlalu mahal seperti Agrowisata Kebun Teh Gunung Mas yang berlokasi Desa Tugu misalnya. Dengan ketinggian 800 hingga 1200 meter dari permukaan laut pastinya menawarkan keindahan panorama. Belum lagi sambil minum teh hangat atau naik kuda sambil berfoto. Berapa banyak biaya yang dibutuhkan? Anda hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja. 

Perut lapar? Mengapa tidak mencoba wisata kuliner yang ada di pinggir jalan raya Puncak? Cukup banyak aneka cemilan khas mulai dari keripik bayam, keripik tempe, dodol hingga sale pisang. Bahkan, ada juga loh bubur Cianjur atau sate maranggi yang terkenal kelezatannya. Dan itu semua dijual dengan harga terjangkau alias tidak sampai merogoh kocek sampai dalam. 

Tapi, bagaimana dengan penginapan apalagi jika di waktu liburan seperti ini? Tidak usah khawatir, di kawasan ini sendiri sangat banyak villa di Puncak yang bisa Anda pilih sesuai dengan anggaran dana. Mulai dari hotel bintang 5 hingga hostel sekalipun semua ada lengkap dengan fasilitas menarik dan membuat nyaman. Bahkan, jika Anda pemegang salah satu kartu kredit bisa saja mendapatkan potongan atau diskon yang cukup besar. Jadi, siapa bilang liburan harus butuh biaya banyak?

 

 

Penulis Ardeva

Share