Contoh Pertanyaan Wawancara

Salah satu tahapan rumit dan menantang bagi para pencari kerja adalah wawancara. Karena pada tahapan inilah kamu akan memperlihatkan siapa dirimu sebagai calon karyawan pada perusahaan yang kamu lamar. Lakukan persiapan sebaik-baiknya untuk menghadapi proses wawancara kerja.

Salah satu persiapan yang harus kamu lakukan adalah mencari dan memahami apa saja pertanyaan yang akan diajukan oleh para penginterview ketika wawancara nanti. Berikut beberapa contoh pertanyaan wawancara yang biasa diajukan saat proses interview.

kantor

Dapatkah anda menggambarkan dan menceritakan tentang diri anda ?

Pertanyaan ini terkesan simple dan sederhana, namun ternyata sangat penting karena menjadi kunci bagi pihak penginterview untuk bisa mengenalmu. Seperti background pendidikanmu, pengalaman, pencapaian terbaikmu hingga saat ini, dan lain-lain.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bertujuan untuk mengetahui karakter dasar yang kamu miliki. Karena bagi sebuah perusahaan, baik buruknya karakter seorang karyawan sangat penting untuk diketahui.

Apa yang anda tau apa tentang perusahaan ini ?

Inilah pentingnya kamu mencari dan mengetahui informasi tentang perusahaan yang kamu lamar. Misal perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, visi misi perusahaan, dan lain-lain. untuk menjawab pertanyaan tentang hal ini fokuslah pada sisi positif pada perusahaan.

Janganlah membandingkan perusahaan tempatmu bekerja dulu dengan perusahaan yang saat ini kamu lamar. Berikan pernyataan bahwa perusahaan yang kamu lamar tersebut memiliki banyak keunggulan-keunggulan, sehingga kamu tertarik untuk bergabung.

baca juga : cara daftar grab

Mengapa anda ingin bekerja disini ?

Jawablah pertanyaan ini dengan alasan-alasan yang positif, seperti misal posisi yang kamu lamar sesuai dengan latar belakang pendidikanmu, atau kamu ingin menyalurkan bakatmu dengan berkontribusi pada perusahaan yang kamu lamar.

Jangan pernah memberikan jawaban karena gaji yang diberikan tinggi, karena setiap perusahaan pasti menginginkan karyawan yang loyal kepada perusahaan tempatnya bekerja.  Atau memberi jawaban merasa lebih nyaman dengan perusahaan yang kamu lamar saat ini daripada perusahaan kamu yang dulu, karena pihak penginterview akan menilai kamu tidak memiliki kemauan untuk bekerja keras dan sunguh-sungguh.

Apa prestasi yang pernah anda dapat ?

Adalah hal yang lumrah jika sebuah perusahaan menginginkan calon karyawan yang terbaik. Karena itulah para penginterview akan menanyakan hal ini untuk mengetahui pencapaian apa saja yang pernah kamu dapatkan di tempat kerja yang sebelumnya. Jelaskan secara baik keberhasilan apa saja yang sudah kamu raih di tempat bekerja yang sebelumnya, dan buktikan bahwa kamu layak untuk diterima di perusahaan tersebut.

Contoh pertanyaan lain selama wawancara, seperti :

  • Apa rencana anda ke depan?
  • Mengapa berhenti dari pekerjaan anda yang lama?
  • Apa kekurangan dan kelebihan anda?
  • Apa yang memberatkan perusahaan untuk merekrut anda ?
  • Berapa gaji yang anda inginkan?
  • Bagaimana pendapat anda tentang lembur?
  • Apakah anda sedang melamar juga ke perusahaan lain selain dari perusahaan ini?
  • Apakah ada pertanyaan dari anda kepada kami?

Penulis Ardeva

Share