Harga Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging

Bagi pemelihara juga peternak kelinci, biasanya memiliki patokan harga khusus per ekor karena tiap tahunnya mengalami perbedaan harga jual kelinci.

Untuk melihat harga jual kelinci, biasanya memiliki beberapa pertimbangan untuk menjual kelinci. Biasanya kelinci hias dan kelinci pedaging seperti kelinci giant flemish yang dijual melalui peternaknya langsung akan dijual per ekornya sedangkan untuk kelinci pedaging dapat dijual hanya dagingnya.

Mengapa begitu? Berikut penjelasannya.

Harga jual kelinci memiliki perbedaan yaitu, dari segi fisiknya, seperti pada kelinci hias. Kelinci hias tentunya memiliki harga jual kelinci cukup mahal, hal ini dikarenakan adanya perawatan sejak kecil hingga umur yang sesuai untuk dijual. Lalu, jika pada beberapa kategori jenis kelinci memiliki bulu yang lebat, pada bulu kelinci hias biasanya juga memiliki perawatan yang khusus.

Bulu pada kelinci hias yang baik, akan dibiarkan panjang namun tidak sampai mengganggu kelinci tersebut. Dan juga akan disisir setiap hari juga dibersihkan, hal ini diperlukan untuk mencegah kekusutan pada bulu kelinci hias. Untuk harganya berbeda untuk tiap jenisnya, mulai dari Rp 100.000 hingga jutaan rupiah. Hal ini tentunya dapat menjadi sebuah prospek yang menguntungkan bagi penghobi kelinci hias.

Berbeda dengan kelinci hias yang berharga jual hingga jutaan rupiah, hal ini tidak berlaku dengan harga jual kelinci pedaging. Patokan harga untuk kelinci pedaging mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 50.000 an. Harga jual tersebut dalam hitungan per kg karena pada hal ini hanya dagingnya yang dijual. Harga pada kelinci pedaging tersebut, tergantung pada harga daging kelinci di pasaran.

Akhirnya, harga jual kelinci hias maupun kelinci pedaging memiliki perbedaan yang cukup tinggi. Hal ini karena adanya perbedaan perawatan antara kelinci hias yang memiliki bulu yang harus dibersihkan setiap hari, berbeda dengan kelinci pedaging yang juga diperhatikan kesehatannya pula karena dagingnya akan dijadikan sebagai konsumsi. Harga untuk nominal tetap pada kelinci hias juga kelinci pedaging tergantung pada keadaan pasar. Oleh karena itu, harga jual kelinci berbeda – beda tiap jenis kelincinya.

Penulis Ardeva

Share