Perbedaan Palet Bahan Kayu dan Plastik yang Wajib Anda Ketahui

Pallet berbahan kayu menjadi yang paling banyak dicari sebagai bagian dari perangkat warehousing. Tak hanya di Indonesia, hampir seluruh negara di dunia memilih menggunakan palet berbahan kayu untuk pengiriman barang. Hal ini dikarenakan kayu lebih kuat, bisa didaur ulang, dan tentunya dapat menjaga kelestarian alam.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang menggunakan palet berbahan plastik dibandingkan kayu karena pilihan memindahkan dan menyimpan barang. Sebelum Anda memilih antara kedua bahan ini, sebaiknya Anda ketahui perbedaannya terlebih dahulu. Baik itu dari segi kualitas dan ketahanan dari bahannya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Ketahanan

Palet plastik memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan kayu. Dilihat dari segi ketahanan, palet berbahan plastik lebih kuat digunakan saat melakukan pengiriman barang ukuran kecil dalam jumlah besar. Jika Anda bergerak di bidang industri kosmetik, obat-obatan, atau otomotif, palet berbahan plastik ini cocok untuk menyimpan produk Anda agar tidak mudah mudah rusak.

pallet plastik berkualitas

2. Harga

Harga Palet berbahan kayu tidak semahal yang berbahan plastik. Selain itu, plastik termasuk sulit didaur ulang kembali. Jika mengalami kerusakan, maka tidak bisa digunakan lagi. Tapi, kelebihan dari palet berbahan plastik, bahannya lebih kuat dan tahan lama. Tak heran jika banyaknya industri pengiriman barang lebih sering menggunakan plastik dibandingkan kayu.

3. Kerentanan Produk

Perlu Anda ketahui, palet yang terbuat dari kayu bukanlah murni terbuat dari kayu. Rata-rata bahannya sudah dicampur dengan pengikat baja dan gabungan paku besi. Dalam waktu yang lama, palet kayu yang tertindih dapat mengurangi daya ikat baja dan kerapatan paku. Hal ini mempunyai pengaruh yang tidak baik untuk produk Anda.

4. Pengaruh Terhadap Lingkungan

Seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya bahwa palet yang terbuat dari plastik penggunaannya hanya sekali pakai karena tidak bisa didaur ulang. Sedangkan palet kayu masih bisa dimanfaatkan kembali untuk pemakaian selanjutnya, seperti mebel palet kayu bekas.

Kelebihan lainnya dari palet kayu adalah lebih murah, tahan api, dan tidak merusak lingkungan. Dari segi ketahanan bahannya, palet kayu tidak sekuat plastik, tetapi apabila disusun dengan baik selama pengiriman, barang Anda tetap terjaga dengan baik.

Setelah Anda menyimak perbedaan dari palet berbahan kayu dan plastik, dapat disimpulkan bahwa pengiriman barang dari luar negeri yang ukurannya lebih kecil, disarankan menggunakan palet plastik supaya barang tidak mudah rusak selama di perjalanan.

Namun, jika Anda melakukan pengiriman barang antar kota di dalam negeri, maka sebaiknya menggunakan palet yang terbuat dari kayu karena lebih aman. Semua itu tergantung dari kebutuhan Anda masing-masing, jadi pertimbangkan secara baik-baik.

Penulis Ardeva

Share