Tips Aman saat Rapat Menggunakan Zoom

Dengan merebaknya virus corona ini membuat banyak perusahaan menerapkan sistem kerja di rumah atau biasa disebut wfh untuk memutus mata rantai penyebarannya. Salah satu kendala dalam wfh adalah ketika akan melakukan pertemuan bisa untuk keperluan bisnis ataupun personal, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi yang bernama zoom, aplikasi ini dirancang untuk dapat melakukan video konferensi, dimana fitur ini sangat dibutuhkan untuk melakukan rapat online ketika perusahaan sedang melakukan wfh.

Saat ini zoom sedang mendadak populer digunakan karena dapat menggantikan pertemuan sosial maupun profesional secara jarak jauh.  

Tips Aman Menggunakan Zoom

Berikut beberapa tips aman menggunakan zoom saat meeting online:

1. Pastikan Menggunakan Aplikasi dengan Update Terbaru

Untuk anda yang menjadi admin rapat sangat disarankan untuk selalu update aplikasi anda selain untuk mendapat pembaruan fitur terkini mengupdate aplikasi juga sangat disarankan untuk mengatasi masalah keamanan.

2. Jangan Sembarangan Membagikan Link Rapat Online

Sebaiknya link rapat online termasuk ID dan kata sandi hanya dibagikan kepada orang yang akan mengikuti meeting saja, Hindari membagikan link di sembarang tempat salah satunya media sosial, Jika link jatuh ke tangan orang yang salah misalnya kompetitor maka tentu saja itu akan jadi bermasalah.

3. Mengaktifkan Fitur Waiting Room 

Jika anda adalah admin rapat untuk keamanan sebaiknya anda mengaktifkan fitur waiting room ketika ada peserta rapat yang akan masuk, dengan fitur ini anda bisa menyeleksi orang orang yang akan mengikuti rapat jadi anda bisa memastikan tidak ada penyusup ketika rapat sedang berlangsung, karena setelah login zoom dengan cara memasukan ID dan kata sandi peserta terlebih dahulu akan masuk ke waiting room dan admin harus mengizinkan peserta tersebut. Admin pun sebaiknya mengkonfirmasi peserta yang diundang untuk mengikuti rapat tersebut saja yang diizinkan masuk ke dalam room rapat.

 

4. Aktifkan Fitur Lock Meeting 

Dengan fitur ini anda bisa membatasi peserta yang ikut rapat, jika semua peserta telah terkonfirmasi hadir sebaiknya admin mengaktifkan fitur lock meeting untuk mencegah orang lain dapat bergabung 

5. Jaga Keamanan Perangkat Semua Peserta Meeting

Selain admin keamanan dalam meeting online juga dapat dijaga oleh peserta meeting agar tidak diretas dan dicuri data-datanya oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

6. Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

peserta rapat disarankan untuk mematikan fitur yang tidak diperlukan misalnya beberapa perangkat meeting online seperti microphone, screen sharing dll.

Itulah beberapa tips aman dalam melakukan zoom meeting, semoga bermanfaat.

Penulis Ardeva

Share