Wajib Ingat! Ini Rekomendasi Restoran Halal di Jepang Yang Kelezatannya Saiko!

Jepang merupakan negara yang sering menjadi salah satu destinasi terkenal wisatawan di dunia. Selain itu jepang juga dikenal dengan kenikmatan kuliner yang lezat. Dengan penduduk yang mayoritas  menganut Buddha dan Shinto, membuat masyarakat atau para wisatawan yang muslim sulit untuk menemukan kedai atau tempat makan yang menyajikan makanan halal.

Memang, bagi kebanyakan para wisatawan berpendapat hal yang sama. Karena kebanyakan kuliner khas di Jepang menggunakan bahan yang bagi umat muslim tersebut haram atau tidak boleh dimakan. Namun, tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

Jika kalian tertarik untuk mengetahui tempat makan yang menyajikan makanan halal, simaklah ulasan rekomendasi tempat makan atau restoran halal di Jepang.

1. Malaychan

Bagi kalian yang sedang berada di Tokyo tepatnya di daerah Ikebukuro, kalian bisa mengunjungi restoran Malaychan. Restoran ini juga memiliki sertifikat halal langsung dari pemerintah Malaysia. Di restoran ini kalian akan disuguhi dengan makanan sajian Malaysia dan China. 

Hidangan yang disajikan juga sudah disesuaikan dengan lidah penduduk Jepang, sehingga masyarakat lokal pun bisa menikmati sajian makanan disini. Dengan mengunjungi restoran ini, kalian sudah tidak perlu khawatir lagi dengan makanan yang tidak halal dan juga sajian yang diberikan begitu nikmat.

Menu yang terdapat di restoran ini berupa beragam nasi dengan aneka lauk, sup, dan kari yang sudah terkenal di kalangan orang Jepang. Untuk harga rata-rata makanan di restoran ini berkisar 900 Yen sampai 1000 Yen. Biasanya harga akan berbeda pada waktu jam makan siang atau malam

Restoran ini buka setiap harinya. Biasanya jam bukanya berbeda-beda setiap harinya.

2. Naritaya Halal Ramen Shop

Bagi kalian yang tinggal di kawasan Asakusa, kalian dapat mengunjungi makanan halal di restoran Naritaya Halal Ramen Shop. Ramen merupakan makanan yang terkenal dan sudah mendunia, dan yang seperti pada umumnya bahwa Ramen original terbuat dari kuah kaldu dari babi. Hal tersebut membuat para umat muslim menjadi pertimbangan akan makanan ramen
coba. 

Namun lain halnya dengan restoran yang satu ini menggunakan kuah kaldu ayam sebagai gantinya. Restoran ini berada di dekat Sensoji Temple, Asakusa. Selain itu, menu yang ditawarkan tidaklah banyak hanya ada Ramen, Special Ramen, ada beberapa makanan cemilan seperti karaage (daging ayam yang dipotong kecil-kecil dan digoreng), serta beberapa topping untuk ramen seperti telur dan bamboo shoot.

Selain itu, pelayanan yang diberikan cukup cepat dan harganya terjangkau berkisar 700-1500 Yen untuk satu porsi. Restoran ini buka setiap harinya yang buka pada pukul 10 pagi hingga 10 malam.

3. Japanese Restaurant MATSURI (Osaka)

Sulit menemukan tempat makan di Osaka? Restoran Japanese Restaurant Matsuri ini menjadi solusi bagi kalian. Restoran ini merupakan restoran ramah muslim yang terkenal di daerah Osaka utara. Bagi kalian yang ingin mengunjungi restoran ini, kalian hanya perlu jalan kaki sekitar 2 menit dari Stasiun Noda Hanshin, akses masuknya pun sangat mudah. Restoran ini juga total menerima sekitar 10.000 konsumen dalam satu tahunnya setelah restoran ini mulai menawarkan makanan ramah muslim

Japanese Restaurant Matsuri juga menawarkan beraneka makanan khas Osaka seperti Okonomiyaki dan Takoyaki. Selain itu, kalian juga bisa menikmati Kobe Beef Teppan Yakiniku tanpa khawatir memakannya. Restoran ini memiliki konsep "everyone can eat the same table" dan juga menawarkan makanan vegetarian untuk menarik minat konsumen.

4. Sumiyakiya

Restoran halal jepang selanjutnya terdapat di Roppongi, Tokyo. Sumiyakiya merupakan sebuah restoran yang populer di kalangan wisatawan muslim dari belahan dunia. Bahkan restoran ini juga pernah dikunjungi oleh pejabat negara yang pernah mampir ke daerah Roppongi.

Restoran ini menawarkan hidangan daging seperti yakiniku halal dan bermacam sayuran segar yang siap mengisi perut kalian. Restoran ini terdapat harga paket makanan yang ditawarkan oleh konsumen dengan harga yang terjangkau berkisar 1000 Yen hingga 4000 Yen. Restoran ini buka Senin sampai Jumat pada pukul 11.30-15.00, 18.00-23.30 dan di hari Sabtu pada pukul 18.00-23.30. Untuk hari Minggu restoran ini tutup.

5. Gyumon

Restoran halal di Jepang yang terakhir adalah Gyumon. Restoran ini berada di daerah Shibuya. Setelah lelahnya berkeliling di daerah Shibuya jangan lupa mampir untuk mengisi energi. Gyumon memiliki hidangan spesial yaitu hidangan daging Yakiniku. Restoran ini juga mempunyai kapasitas yang terbatas untuk pengunjungnya, jadi lebih baik kalian untuk memesan tempat sebelumnya.

Di Gyumon juga menawarkan menu yang terkenal seperti daging tenderloin, untuk ukurannya pun kalian bisa memintanya sesuai keinginan kalian. Restoran ini menjadi sangat terkenal di kalangan wisatawan di dunia dan sering menjadi tempat tongkrongan bersama teman sambil menikmati hidangan daging. Restoran ini menyediakan harga paket yang harganya berkisar 3000 Yen. Restoran ini buka setiap hari pada pukul 17.00 hingga 23.00.

Penulis Ardeva

Share